Penyebab Timbulnya Jerawat

Inilah 14 Penyebab Utama Timbulnya Jerawat dan Cara Mengatasinya

Diposting pada

Penyebab utama munculnya jerawat ialah adanya tumpukan sebum atau minyak yang berlebih sehingga pori-pori kulit wajah anda tersumbat lalu ditambah dengan adanya bakteri. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya jerawat mulai dari kebiasaan buruk yang tanpa anda sadari hingga faktor lingkungan.

Mengobati jerawat tidaklah mudah. Pemakain obat atau produk-produk yang mahal akan percuma jika anda masih melakukan kebiasaan buruk yang tanpa anda sadari dapat menjadi pemicu munculnya jerawat. Marilah kita simak beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat agar jerawat tidak kembali lagi.

Kebiasaan Buruk Penyebab Timbulnya Jerawat

1. Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor

Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Menyentuh wajah merupakan hal yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Tahukah anda hal ini beresiko menimbulkan jerawat karena kotoran serta bakteri yang ada di tangan anda dapat ikut terbawa ke wajah dan akhirnya menyumbat pori-pori.

Oleh karena itu hindarilah kebiasaan menyentuh wajah anda dengan tangan yang kotor atau anda bisa menggunakan tisu yang bersih. Tidak lupa untuk selalu rajin menggunting kuku anda atau jika anda ingin mempunyai kuku panjang jangan lupa untuk selalu dibersihkan. Jagalah kebersihan tangan anda dengan rajin mencuci tangan.

2. Jarang Keramas

Beberapa orang ada yang jarang keramas, ada yang keramas sehari sekali atau bahkan ada yang seminggu sekali. Penting bagi anda yang ingin terbebas dari jerawat untuk keramas rambut anda secara rutin. Khususnya bagi anda yang memiliki rambut panjang, tipis dan berponi.

Kondisi rambut yang kotor akibat jarang keramas bisa menjadi salah satu pemicu jerawat karena kotoran yang ada pada rambut anda bisa saja jatuh dan menempel pada wajah anda. Oleh karena itu rajinlah keramas secara rutin serta hindari memakai produk rambut pada sekitar dahi anda.

3. Terlalu Sering Mencuci Muka

Terlalu Sering Membersihkan Muka Penyebab Jerawat

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah anda salah satunya dengan menjaga kebersihan wajah seperti mencuci muka. Namun anda harus tahu bahwa terlalu sering mencuci muka malah dapat menyebabkan terjadi nya jerawat.

Kombinasi air dan sabun yang dipakai berkali-kali dapat menghilangkan sebum atau minyak alami wajah anda. Hal ini bisa membuat kulit anda kering dan iritasi yang kemudian kulit merespon dengan memproduksi lebih banyak lagi minyak atau sebum. Minyak yang berlebih tersebut akhirnya menyumbat pori-pori anda dan terjadilah jerawat.

Selain itu, mencuci muka secara berlebihan juga dapat merusak lapisan asam kulit pada wajah anda. Lapisan ini terdapat minyak alami dan bakteri baik yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Nah, idealnya anda harus rajin mencuci muka sebanyak dua kali sehari yakni saat pagi dan malam hari sebelum tidur dengan menggunakan sabun yang sesuai dengan kulit wajah anda. Hindari menggunakan scrub jika anda sudah memiliki jerawat karena dapat membuat iritasi.

4. Cara Mencuci Muka Yang Salah

Menggunakan banyak produk pembersih wajah sebenarnya bukanlah jaminan jika anda tidak mencuci muka secara benar. Jerawat anda semakin banyak dan merasa wajah kurang bersih walau sudah menggunakan segudang pembersih wajah? Mungkin cara mencuci muka anda yang salah.

Dikutip dari American Academy of Dermatology bahwa cara mencuci wajah dengan tepat dapat mencegah dari permasalahan kulit seperti jerawat, komedo dan sebagainya. Lalu, bagaimanakah cara mencuci wajah dengan tepat?

  1. Bersihkan Make-Up. Jika anda menggunakan makeup, bersihkanlah terlebih dahulu dengan menggunakan pembersih khusus.
  2. Gunakan Pembersih wajah sesuai kulit anda. Anda juga bisa menggunakan pembersih yang lembut dan bisa membuat kulit menjadi lebih halus.
  3. Pijat lembut dengan tangan. Pijat wajah anda dengan lembut menggunakan jari, gosok dengan gerakan memutar kedalam. Hal ini akan mengencangkan kulit wajah anda serta kotoran akan terangkat. Setelah itu bilas dengan air mengalir.
  4. Gunakanlah air hangat. Air hangat mampu melancarkan sirkulasi darah pada wajah anda. Hal ini membuat darah dan nutrisi dapat tersalurkan ke dalam sel-sel kulit sehingga membuat kulit tetap sehat.
  5. Gunakan handuk atau waslap yang bersih. Bakteri pada handuk bisa berpindah ke wajah anda dan akan menyebabkan jerawat, oleh karena itu perhatikan kebersihan handuk anda. Janganlah menggosokan handuk anda ke wajah, biarkanlah mengering sendiri atau cukup tepuk-tepuk pada  wajah anda.

5. Sering Memencet ataupun Mengorek Jerawat

Sering Memencet Jerawat

Anda haru meninggalkan kebiasaan ini. Kebiasaan memencet dan mengorek jerawat dapat menimbulkan bekas luka di kulit wajah anda. Anda dapat melukai wajah anda sendiri jika sembarangan melakukan hal ini. Ketika anda memencet jerawat akan membuat kulit anda menjadi lunak sehingga jaringan kulit anda menjadi rentan sobek.

6. Memakai Kosmetik Yang Salah dan Berlebihan

Memakai Kosmetik Berlebihan Menjadi Penyebab Jerawat

Pemakaian kosmetik yang salah dan berlebihan malah akan menyumbat pori-pori serta penumpukan komedo pada wajah anda. Hal ini dapat memicu tumbuh subur jerawat.

Gunakanlah kosmetik yang berlabel Non-Komedogenik yang tidak menyebabkan komedo. Anda juga bisa menggunakan kosmetik yang sesuai dengan kulit wajah anda serta bebas minyak.

7. Memakai Produk Rambut

Pemakaian produk rambut dapat memicu tumbuhnya jerawat di sekitar rambut serta dahi anda. Ketika anda menggunakan produk rambut kemungkinan sisa bahan tersebut bisa terkena kulit wajah anda. Produk perawatan rambut itu tidak diformulasikan untuk kulit wajah sehingga saat terkena wajah malah bisa menyumbat pori-pori kulit anda serta menyebabkan munculnya jerawat.

Untuk menghindari hal itu sebaiknya gunakanlah produk rambut secukupnya. Anda juga bisa menutup wajah anda dengan tangan untuk menghindari produk rambut tersebut terkena wajah.

8. Tekanan Pada Kulit

Menurut para ahli tekanan ataupun gesekan pada kulit wajah anda dapat membuat sistem barrier pada kulit terganggu dan berpotensi menyebabkan tumbuhnya jerawat. Salah satu yang paling sering misalnya pemakain helm atau masker yang kencang.

Memakai helm atau masker dapat menyebabkan kekeringan. Hal ini bisa menyebabkan kulit menghasilkan minyak atau sebum yang berlebih untuk melumasi kulit yang kekeringan tersebut. Pada akhirnya akan muncul komedo yang merupakan kondisi awal dari jerawat.

9. Pemakaian Deterjen

Sisa Deterjen Yang Menempel

Beberapa kandungan bahan kimia pada deterjen merupakan bahan kimia yang sangat keras. Residu bahan kimia tersebut terkadang tidak bisa langsung hilang saat dibilas dengan air. Sisa deterjen yang menempel pada kain yang anda gunakan bisa menyebabkan pori-pori anda tersumbat serta iritasi, hal ini merupakan cikal bakal tumbuhnya jerawat.

Dikutip dari Woman’s Health Magazine, bahan-bahan kimia yang terkandung dalam deterjen tidak bisa hilang begitu saja meski sudah dibilas dengan bersih.

Bahan aktif yang biasanya menimbulkan jerawat ialah pewangi serta zat pewarna. Sebenarnya bahan tersebut tidaklah berbahaya. Akan tetapi, beberapa orang memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan tersebut. Selain menimbulkan jerawat di wajah, pemakaian deterjen yang salah ini bisa menimbulkan jerawat di dada.

10. Memakai Ponsel Dalam Keadaan Kotor

Ponsel yang kotor merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri. Kotoran yang nempel di ponsel setiap hari serta jarang mencuci tangan ketika habis memegang ponsel dapat membuat bakteri cepat berpindah ke wajah anda. Sebaiknya anda sering membersihkan layar ponsel anda untuk membersihkan kotoran serta bakteri yang menempel di ponsel anda.

Faktor Internal yang Menjadi Penyebab Timbulnya Jerawat

Selain karena kebiasaan buruk anda, jerawat juga bisa timbul karena ada faktor internal pada tubuh anda. diantaranya:

1. Perubahan Hormon Penyebab Jerawat

Infografis Penyebab Jerawat Hormonal

Jerawat bisa muncul karena adanya perubahan atau fluktuasi hormon pada tubuh anda. Perubahan hormon biasanya terjadi ketika anda memasuki masa fubertas atau saat anda mengalami haid serta saat menopause. Fluktuasi hormon ini menyebabkan produksi minyak yang berlebih sehingga menyebabkan timbulnya jerawat.

Jerawat sering muncul di Zona T yaitu hidung, dahi dan dagu selama masa pubertas. Sedangkan pada orang dewasa perubahan hormon ini dapat menyebabkan jerawat pada bagian bawah wajah seperti pipi bawah ataupun sekitar rahang.

2. Alergi Makanan yang Menyebabkan Jerawat

Anda harus berhati-hati dengan makanan yang anda konsumsi, karenanya makanan sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Salah satu akibat yang dapat timbul jika anda makan makanan sembarangan ialah timbulnya berjerawat.

Makanan yang dapat menyebabkan jerawat seringkali mengandung mengandung kadar lemak yang tinggi. Kadar lemak yang tinggi bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat. Selain itu makanan yang harus dihindari untuk mencegah jerawat ialah makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi yaitu makan yang mengandung karbohidrat atau gula olahan tinggi.

Kadar gula yang tinggi pada darah bisa menyebabkan peradangan kulit. Salah satu makanan yang tinggi akan kadar gula adalah susu skim yang memiliki dampak negatif terhadap jerawat.

Agar terhindar dari jerawat sebaiknya anda sering makan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan. Anda juga bisa membiasakan makan nasi merah yang memiliki indeks glikemik yang rendah

3. Stress

Stress dan Jerawat Saling Berhubungan

Ketika anda stress detak jantung anda akan meningkat, nafas anda lebih cepat dan otot mengencang. Hal ini karena tubuh anda melepas hormon saat stres terjadi. Hormon stres tersebut dapat merangsang sel-sel untuk memproduksi sebum atau minyak berlebih.

Ketika sebum tersebut bercampur dengan sel kulit mati serta bakteri dapat menyebabkan penyumbatan pada folikel rambut di kulit yang pada akhirnya menghasilkan komedo atau jerawat. Saat anda sedang stres berat, sebum atau minyak alami pada sel kulit anda mudah terbentuk yang menyebabkan jerawat semakin banyak bermunculan.

Jangan sampai anda mengalami stres yang dapat menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan anda. Kelolah emosi dan waktu anda agar terhindar dari stres.

Faktor Lingkungan Sebagai Pemicu Jerawat

Lingkungan yang berpolusi dan berdebu bisa memicu timbulnya jerawata bahkan memperburuk kondisinya.

Polusi

Polusi Penyebab Jerawat

Cuaca panas serta berdebu atau lingkungan yang berpolusi dapat membuat wajah anda mudah berminyak. Lingkungan tersebut bisa membuat tubuh anda berkeringat. Jika ditambah dengan adanya debu yang dapat menempel di kulit seringkali terjadi penyumbatan. Begitupun jika ditambah dengan kondisi kulit yang berminyak. Hal tersebut dapat membuat kulit anda menjadi mudah berjerawat.

Baca Juga: Macam-Macam Jerawat dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Jerawat

Setelah anda mengetahui penyebab timbulnya jerawat, sekarang saatnya untuk cara yang ampuh untuk merawat jerawat anda. Berikut beberapa langkah yang kami rekomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat anda:

1. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Jangan pernah untuk menyentuh wajah anda dengan tangan yang kotor. Hal ini bisa membuat jerawat anda semakin memburuk. Tangan merupakan salah satu bagian tubuh tempat berkumpulnya bakteri dan kuman. Kami sarankan untuk membersihkan wajah anda dengan kapas atau tisu yang bersih.

2. Kompres dengan Es

Anda bisa mengompres jerawat anda dengan es ataupun kain bersih yang sudah dicelupkan kedalam air dingin. Cukup letakan es atau kain tersebut pada jerawat sekitar 5 menit, jangan terlalu memberi tekanan berlebih pada jerawat.

3. Menggunakan Asam Salisilat

Asam salisilat memiliki manfaat yang banyak dalam mengatasi permasalahan pada kulit wajah anda terutama masalah jerawat. Bahan ini sering ditemukan di berbagai produk skincare. Gunakanlah produk perawatan wajah yang memiliki kandungan bahan ini serta benzoil peroksida. Kedua bahan ini efektif membunuh bakteri pada jerawat.

4. Membersihkan Sel Kulit Mati

Untuk mengatasi masalah jerawat sebaiknya anda sering membersihkan sel kulit mati secara teratur. Membersihkan sebaiknya tidak hanya saat memakai make up, membersihkan wajah anda ketika tidak memakai make-up dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang merupakan cikal bakal munculnya jerawat.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari penyebab timbulnya jerawat. Mencegah lebih baik daripada mengobati, tetap jaga kebersihan kulit anda.

 

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *