penyebab kulit wajah kering

Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

Diposting pada

Kulit wajah kering adalah kondisi kulit wajah yang memiliki tingkat kelembapan yang rendah, kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan terlihat bersisik bahkan mengelupas. Sebenarnya kulit yang mengelupas adalah proses normal yang terjadi sebagai respon dari tubuh untuk mengeluarkan sel kulit mati. Faktor penyebab kulit wajah kering dan mengelupas ada bermacam-macam. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan lebih lanjut tentang penyebab kulit wajah berminyak berikut ini.

Kenapa Kulit Wajah Kering dan Mengelupas?

Kulit wajah kering dan mengelupas terjadi karena hilangnya lapisan minyak alami pada kulit wajah sehingga kulit jadi tidak terlindungi, kulit wajah yang sehat dan normal biasanya memiliki lapisan minyak alami sehingga kulit akan lembab dan kenyal. Namun ada banyak faktor yang membuat kulit wajah menjadi kering dan mengelupas sehingga banyak orang menjadi kurang percaya diri karena kulit wajah yang kering akan terlihat lebih tua dan terlihat kusam.

Berapa Lama Kulit Akan Mengelupas?

penyebab kulit wajah kering
kulit kering

Kulit wajah yang mengelupas merupakan tanda bahwa terjadi kerusakan pada lapisan epidermis atau lapisan kulit yang paling luar. Kebanyakan kulit wajah mengelupas disebabkan oleh paparan sinar ultra violet matahari dan reaksi alergi apabila penyebabnya adalah sinar ultra violet matahari dan reaksi alergi maka kulit wajah akan pulih setelah 3-7 hari dengan sendirinya. Segera periksa ke dokter apabila kulit wajah sering dan tidak berhenti mengelupas walaupun sudah melakukan perawatan.

9 Penyebab Kulit Wajah Kering dan Mengelupas

1. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Faktor kulit wajah kering dan mengelupas

Mencuci wajah adalah salah satu tahapan penting dan rutin dilakukan setiap hari dalam melakukan perawatan wajah. Namun terlalu sering mencuci wajah akan membuat wajah kehilangan minyak alaminya sehingga wajah akan terasa tertarik setelah mencuci wajah, kulit yang terasa tertarik setelah mencuci wajah adalah tanda bahwa lipid barrier pada lapisan kulit mengalami kerusakan akibat terlalu sering mencuci wajah. Disarankan agar mencuci wajah sewajarnya, untuk kulit normal cukup mencuci wajah satu kali sehari sedangkan untuk kulit berminyak sebaiknya dua kali sehari.

2. Udara Kering

Udara akan cenderung kering ketika cuaca sedang dingin, hal ini merupakan salah satu penyebab utama berkurangnya kelembapan pada kulit. Selain itu, pendingin udara seperti AC sangat berpengaruh pada kulit, menggunakan AC dengan suhu terlalu dingin akan membuat udara ruangan menjadi kurang lembab sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

3. Menggunakan Pelembab yang Salah

Pelembab kulit wajah kering

Pelembab sangat penting untuk menutrisi wajah, tetapi memilih produk pelembab yang tidak sesuai dengan wajah bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kering, sama dengan ketika kita mencoba shade lipstik pada tangan maka jika kita ingin membeli pelembab sebaiknya mencoba kecocokan kulit kita dengan produk tersebut, hal ini untuk memastikan bahwa pelembab yang akan kita pilih tidak menutup pori-pori dan menimbulkan reaksi alergi atau bruntusan. Maka dari itu pilih pelembab secara cermat sesuai dengan kebutuhan kulit wajah kita.

4. Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari sangat bermanfaat bagi tubuh terutama pada pagi hari, namun sering terkena sinar matahari bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit, yaitu kulit menjadi kering dan mengelupas, kehilangan perlindungan kulit, bahkan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Gejala kulit mengelupas akibat sinar matahari yaitu kulit memerah terasa sakit dan panas ketika disentuh. Untuk mencegah kulit kering akibat paparan sinar matahari dapat dilakukan dengan cara membatasi paparan sinar matahari secara langsung selain itu dapat juga menggunakan tabir surya yang memiliki kandungan minimal spf 15.

5. Kurang Minum Air Putih

Atasi kulit wajah kering

Air putih dapat dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh sehingga tubuh seseorang yang cukup minum air putih akan terhindar dari dehidrasi. Kurang minum air putih dapat mengakibatkan efek tidak baik untuk tubuh salah satunya adalah kulit menjadi kering dan mengelupas, ketika anda kurang minum air putih tubuh anda akan kekurangan cairan sehingga kelembapan kulit akan menurun sehingga kulit wajah akan kering dan mengelupas.

6. Sering Menggunakan Air Panas

Mandi dengan air panas memang membuat tubuh lebih tenang, namun terlalu sering mandi dan mencuci wajah dengan air panas ternyata dapat membuat kulit menjadi kering karena air panas dapat mengganggu fungsi kelenjar minyak pada kulit sebagai pelembab alami. Oleh karena itu untuk mendapatkan kulit yang sehat jangan terlalu sering mandi atau mencuci wajah dengan air panas.

7. Usia Bertambah

Seiring bertambahnya usia kelembapan kulit wajah semakin menurun karena pori-pori pada kulit wajah akan memproduksi minyak alami dengan jumlah yang lebih sedikit sehingga kulit akan berisiko menjadi mudah kering. Selain itu semakin bertambahnya usia semakin berkurang juga produksi hormon-hormon dalam tubuh, tetapi perubahan ini adalah hal yang wajar.

8. Faktor Genetik

Kulit kering dapat terjadi karena adanya faktor keturunan dari orang tua. Jika orang tuamu memiliki kulit yang kering maka kemungkinan besar kondisi kulit wajahmu akan kering. Tetapi bukan berarti penyebab kulit kering yang satu ini tidak dapat diatasi, anda dapat memilih produk perawatan wajah yang memiliki kandungan untuk mengunci dan menjaga kelambapan kulit wajah anda sehingga kulit wajah tetap terhidrasi.

9. Terlalu Sering Menggunakan Scrub Wajah

Scrub untuk kulit wajah kering

Scrubbing adalah salah satu perawatan wajah yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membersihkan kotoran pada wajah dan melembutkan kulit wajah. Namun terlalu sering scrub wajah akan membuat kulit wajah kering dan mengelupas. Scrub wajah sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu, kemudian pilihlah scrub yang mengandung almond dan zaitun karena dapat menghasilkan minyak alami sehingga dapat membuat kulit wajah lembut dan tidak kering.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas?

Kulit kering dan mengelupas dapat diatasi dengan beberapa cara, berikut cara mengatasi kulit kering dan mengelupas

baca juga : 19 cara merawat kulit wajah kering secara alami

1. Menggunakan Pelembab yang Sesuai

Pelembab untuk kulit wajah kering

Untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas hindari pelembab yang mengandung alkohol karena dapat memicu iritasi pada kulit wajah. Pilihlah pelembab dengan kandungan hylaruronic acid, ceramides, dan colloidal oatmeal.

2. Memilih Scrub Wajah yang Lembut

Menggunakan scrub wajah satu atau dua kali seminggu dapat mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan serpihan kulit kering di wajah. Pilihlah scrub yang lembut dan ketika menggunakan scrub gosoklah secara perlahan pada wajah jangan terlalu menggosok kulit.

3. Memilih Pembersih Wajah yang Lembut

Pembersih Wajah lembut

Untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas pilih lah pembersih wajah yang ringan dan lembut, bebas dari pewangi,  alkohol, dan bebas bahan berbahaya lainnya. Anda cukup membersihkan wajah satu kali sehari pada malam hari untuk mengangkat kotoran pada wajah.

4. Jangan Berlebihan Menggunakan Obat Jerawat

Jerawat yang membandel dapat hilang dengan obat jerawat seperti benzoil peroksida, asam salisilat, dan produk retinoid tetapi apabila digunakan secara berlebih maka dapat menyebabkan kulit kering atau mengelupas.

5. Menggunakan Toner Setelah Mencuci Wajah

Toner untuk perawatan kulit

Toner adalah skincare yang wajib kamu gunakan setelah mencuci wajah. Toner dapat mengembalikan kadar pH kulit wajahmu kembali ke kondisi normal.

6. Menggunakan Skincare yang Bersifat Melembapkan

Pastikan anda selalu memilih skincare yang memiliki fungsi hydrating dan moisturizing untuk mengatasi kulit kering dan mengelupas. Maka dari itu anda wajib cek kandungan pada skincare tersebut sebelum anda menggunakannya.

7. Menggunakan Masker atau Face Mist

Masker wajah Pixy

Gunakan masker wajah yang mengandung green tea, madu, hyaluronic acid atau glycerin dapat menghidrasi kulit lebih tinggi. Selain itu face mist dapat menghidrasi kulit dengan mudah saat beraktifitas.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *