Macam - Macam Jenis Kulit Wajah

Macam-Macam Jenis Kulit Wajah dan Cara Cepat Mengetahuinya

Diposting pada

Tahukah kamu bahwa setiap orang memiliki jenis kulit wajah yang berbeda? Oleh karena itu sebelum melakukan perawatan pada kulit wajah, ada macam-macam jenis kulit wajah yang wajib untuk kita ketahui  agar bisa menyesuaikan produk perawatan wajah sesuai dengan kebutuhan.

Apakah kamu belum mengetahui apa jenis kulit wajah mu? berikut 5 macam-macam jenis kulit wajah dan cara cepat mengetahuinya.

Infografis Jenis Kulit Wajah
Macam-Macam Jenis Kulit Wajah

1. Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah berminyak adalah jenis kulit yang memiliki kadar air dan minyaknya berlebih. Minyak pada kulit wajah berfungsi sebagai pelindung kulit dari polusi dan debu yang akan masuk kedalam pori-pori kulit. Selain itu, minyak pada wajah juga membantu menjaga kelembapan kulit akan tetapi jika kadar minyaknya berlebih akan menimbulkan masalah pada wajah seperti jerawat.  Orang dengan jenis kulit wajah berminyak rentan berjerawat karena kotoran menjadi mudah menempel pada wajah sehingga dapat menyumbat pori-pori.

Penyebab kulit wajah berminyak diantaranya pola makan yang kurang baik dan salah menggunakan produk perawatan kulit wajah. Banyaknya minyak pada wajah menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri karna wajah akan terlihat kusam dan mengkilap.

Cara mengetahui kulit wajah berminyak dapat dilihat dari beberapa ciri pada wajah:

  1. Kulit wajah berminyak memiliki pori-pori yang cukup besar
  2. Terdapat komedo putih dan hitam di area hidung
  3. Kulit terlihat mengkilap dan kusam
  4. Kulit mudah berjerawat

Perawatan untuk kulit berminyak yang benar dapat mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah, berikut beberapa langkah untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah :

  • Membersihkan wajah 2x sehari dengan pembersih wajah yang cocok
  • Rutin menggunakan masker/scrub
  • Menggunakan kertas minyak untuk mengurangi minyak di wajah
  • Menggunakan pelembab dan tabir surya bebas minyak

2. Kulit Wajah Kering

Kulit kering atau xerosis adalah jenis kulit wajah yang memiliki tingkat kelembapan yang rendah, kulit kering terjadi akibat lapisan atas kulit (epidermis) tidak terhidrasi dengan baik sehingga kulit menjadi terlihat bersisik dan mengelupas. Kebanyakan orang yang mengalami kulit wajah kering hanya berlangsung sementara atau hanya waktu tertentu saja tetapi pada sebagian orang kondisi kulit wajah kering dapat berlangsung selamanya.

Kulit wajah kering dapat terjadi karna beberapa penyebab yaitu faktor lingkungan, bertambahnya usia, paparan sinar matahari dan kurang minum air mineral. Seiring bertambahnya umur resiko kulit menjadi kering lebih besar karna kulit wajah seseorang semakin tipis dan kelembapan alami kulit juga menurun.

Mengetahui Jenis Kulit Wajah Kering

Cara mengetahui jenis kulit wajah kering dapat dilihat dari beberapa ciri pada wajah:

  1. Kulit terasa kasar
  2. Terdapat garis halus pada wajah
  3. Terkadang terasa gatal
  4. Kulit terasa kesat
  5. Terkadang kulit terlihat kemerahan

Merawat kulit wajah kering dengan benar dapat meningkatkan kelembapan kulit, berikut beberapa langkah nya:

  • Minum air yang cukup
  • Tidur yang cukup
  • Konsumsi buah dan sayur
  • Menggunakan pembersih wajah yang lembut
  • Menggunakan face mist agar tidak kusam
  • Menggunakan lidah buaya
  • Menggunakan pelembab wajah setelah mandi

3. Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal adalah kulit yang memiliki tingkat sebum dan hidrasinya seimbang sehingga tidak terlalu kering dan tidak terlalu berminyak. Orang yang memiliki kulit wajah normal sangat jarang memiliki masalah pada kulit wajah selain itu, kulit wajah normal umumnya memiliki warna kulit yang merata, tekstur nya lembut dan halus.

Cara mengetahui jenis kulit wajah normal dapat dilihat dari beberapa ciri pada wajah:

  1. Ukuran pori-pori yang kecil
  2. Komedo, jerawat atau masalah kulit lainnya yang terlihat
  3. Kelambapan wajah pas
  4. Tidak sensitif
  5. Memiliki bercak di wajah yang sedikit

Untuk anda yang memiliki kulit wajah normal tetap harus merawatnya dengan baik agar  selalu terjaga. Berikut langkah – langkahnya:

  • Membersihkan dan memberikan pelembab secara rutin
  • Selalu gunakan pembersih wajah yang lembut
  • Sebelum beraktifitas di luar ruangan gunakanlah sunscreen

4. Jenis Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah sensitif adalah kulit wajah yang memiliki toleransi terhadap suatu rangsangan sangat rendah sehingga kulit wajah kita sulit untuk mentolerir pemakaian produk kosmetik pada wajah kita. Anda harus berhati – hati dalam memilih cara perawatannya karena jika tidak akan membuat kulit iritasi.

Cara mengetahui jenis kulit wajah sensitif:

  1. Kulit mudah memerah
  2. Sering muncul sesasi panas
  3. Kulit terasa gatal
  4. Kulit terasa menusuk dan kencang

Perawatan wajah untuk jenis kulit sensitif, kita harus hati – hati dalam memilih cara perawatannya. Berikut beberapa cara untuk merawat kulit wajah sensitif:

  • Jangan gunakan pembersih wajang yang mengandung alkohol
  • Jagalah kelembapan kulit agar tidak kering dengan rutin menggunakan pelembab
  • Gunakanlah tabir surya yang memiliki perlindungan terhadap sinar UVB dan UVA
  • Gunakan produk pembersih dengan formula dan fitur yang baik dan lembut
  • Gunakan skincare yang bisa menenangkan kulit, misalnya ekstrak chamomile, aloe vera, dan green tea

5. Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Jenis kulit wajah kombinasi merupakan gabungan dari kulit wajah kering dan berminyak. Jenis kulit wajah ini biasanya memiliki pori-pori yang cukup besar akan tetapi tidak lebih besar daripada orang dengan kulit wajah berminyak. Pori-pori pada bagian hidung akan terasa lebih besar daripada area lain.

Wajah dengan jenis kulit ini akan terasa kering dan juga memiliki beberapa jerawat di beberapa bagian. Tidak jarang kulit kita akan mengelupas di bagian wajah yang berminyak. Beberapa orang mengira itu kulit yang mengering.

Merawat Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Cara mengetahui jenis kulit wajah kombinasi:

  1. Sering muncul komedo hitam di sekitar area hidung
  2. Bagian T-Zone (dahi, hidung, dagu) terasa lengket sedangkan pipi terasa lembab
  3. Pori-Pori cukup besar khusunya bagian hidung

Untuk kulit wajah kombinasi harus menjalani perawatan rutin karena harus dilakukan secara bertahap. Berikut tahap – tahap untuk merawat kulit wajah kombinasi:

  • Gunakanlah pencuci muka yang lembut, ringan dan berbahan dasar air
  • Gunakan 2 jenis pelembab. Untuk area T-Zone gunakanlah pelembab oil free sedangkan bagian pipi gunakan pelembab moisturizing
  • Gunakan masker 2 secara bersamaan, Untuk area T-Zone gunakan masker untuk kulit berminyak/berjerawat sedangkan bagian pipi gunakan masker khusus melembabkan
  • Gunakan skincare yang mengandung banyak air

Itulah macam-macam jenis kulit wajah yang wajib diketahui, termasuk jenis manakah kulit wajah anda. Jenis kulit wajah kita dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: gen, diet, tingkat stress, obat-obatan dan fluktuasi hormon.

Selain cara diatas, cara cepat agar mengetahui jenis kulit yang anda miliki ialah dengan menggunakan kertas minyak. Caranya ialah dengan menekan beberapa titik di wajah dengan kertas minyak, sebelumnya cuci muka lalu tepuk-tepuk sampai kering.

JIka kulit anda berminyak, kertas minyak tersebut akan menyerap cukup banyak minyak di seluruh area wajah. Jika kulit anda kering, tidak banyak atau bahkan tidak ada minyak yang menempel di kertas minyak tersebut. JIka anda memiliki jenis kulit kombinasi, kertas minyak hanya bisa menyerap di area T-Zone (dahi, hidung dan dagu) sedang di area pipi tidak ada minyak yg terserap. Untuk jenis kulit normal hanya ada sedikit minyak yang diserap oleh kertas minyak.

Setelah anda mengetahui jenis kulit wajah anda yang miliki anda bisa menentukan penggunaan produk perawatan kulit wajah yang cocok untuk anda. Selain menjaga kulit wajah kita juga harus meminum air mineral dengan cukup kulit kita terhindar dari dehidrasi.

Jika anda sudah melakukan perawatan dengan baik akan tetapi masih bermasalah, alangkah baiknya segera konsultasi dengan dokter anda.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *