daily skincare kulit berminyak

Daily Skincare Kulit Berminyak dan Berjerawat

Diposting pada

Skincare atau perawatan kulit adalah berbagai rangkaian kegiatan perawatan kulit untuk meningkatkan dan mendukung kesehatan kulit. Beberapa langkah perawatan kulit mulai dari mencuci wajah sampai dengan menggunakan sunscreen. Berbeda jenis kulit wajah berbeda pula skincarenya, berikut kami akan membahas tentang daily skincare kulit berminyak dan berjerawat!

skincare
skincare

Apa Manfaat Skincare?

Kulit wajah adalah bagian tubuh yang penting bagi semua orang, oleh karena itu banyak cara yang dilakukan oleh banyak orang demi mendapatkan kulit yang sehat. Selain menggunakan skincare dengan rutin anda perlu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran agar kulit wajah menjadi lebih sehat. Skincare memiliki banyak manfaat, berikut beberapa manfaat skincare.

  1. Mencegah kulit dari penuaan dini
  2. Mencegah kulit dari paparan sinar matahari dan uvb
  3. Membantu mengangkat sel kulit mati
  4. Melindungi kulit wajah dari kotoran
  5. Membantu menjaga kelembaban wajah
  6. Membuat makeup semakin maksimal
  7. Mencegah breakout di wajah

Apa Perbedaan Skincare Dengan Makeup?

Dalam artinya saja sudah jelas perbedaannya skincare adalah perawatan wajah sedangkan make up adalah berhias atau berdandan. Skincare dan makeup memiliki fungsi yang berbeda.  Skincare termasuk bagian penting dari kesehatan kulit dan berfungsi untuk jangka panjang sedangkan makeup akan terlihat hasilnya langsung setelah digunakan. Jenis skincare dan makeup juga berbeda-beda contohnya skincare ada pembersih wajah, pelembab wajah, tabir surya dan lain-lain. Sedangkan makeup ada bedak, blush on, maskara, lipstick dan masih banyak lagi. Biasanya skincare digunakan setiap hari pada waktu pagi dan malam sedangkan makeup digunakan pada waktu-waktu tertentu.

baca juga: cara merawat wajah berminyak

Apa Saja Jenis Skincare?

1. Cleanser

Cleanser adalah salah satu jenis skincare yang berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan dan meratakan warna kulit wajah. Cleanser tersedia dalam berbagai macam tekstur yaitu gel, minyak, dan krim.

2. Serum

Serum adalah jenis skincare yang mempunyai bahan super aktif untuk memberikan nutrisi pada kulit wajah serum berbentuk gel dan lotion. Serum dapat mengatasi masalah kulit seperti garis-garis halus dan kerutan untuk memberikan kulit yang kenyal dan segar.

3. Toner

Toner adalah produk skincare penyegar yang harus digunakan oleh semua jenis kulit wajah. Toner dapat menyimbangkan ph di wajah, menutup pori-pori, mengencangkan celah sel setelah pembersihan, dan menyegarkan kulit.

4. Essence

Essence adalah produk skincare berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif tinggi. Meski memiliki formula yang cair seperti toner, tekstur essence dan toner jelas berbeda, essence cenderung lebih kental dari air biasa dan toner. Essence berfungsi untuk menutrisi dan melembapkan kulit sampai dengan bagian dalam kulit wajah.

5. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab adalah jenis skincare yang tidak boleh dilewatkan karna wajah kita perlu terhidrasi dengan baik. Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit, mencegah penuaan wajah dan mencerahkan. Setiap jenis kulit wajah membutuhkan moisturizer berbeda-beda maka dari itu pilih moisturizer dengan cermat sesuai kebutuhan wajah.

6. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah jenis skincare untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari langsung. Suncreen dapat mencegah penuaan dini dengan minimal spf 30. Bahkan, Suncreen yang mengandung perlindungan dari sinar UVA  dapat mencegah kanker kulit.

7.  Masker wajah

Kulitmu juga perlu diberi masker kurang lebih 2 minggu sekali, Pilihlah masker sesuai kebutuhan jenis kulit kita. Penggunaan masker yang tepat sangat berpengaruh untuk mengangkat kotoran, komedo dan minyak berlebih di wajah.

Itulah beberapa jenis skincare umum yang perlu anda ketahui dan digunakan oleh semua orang, Tetapi kembali lagi sesuai dengan jenis kulit wajah maka dari itu selalu pahami kandungan-kandungan pada skincare tersebut agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan wajah.

Daily Skincare Wajah Berminyak dan Berjerawat

Daily skincare kulit berminyak dan berjerawat adalah perawatan wajah rutin yang dapat anda gunakan setiap hari. Berikut beberapa daily skincare kulit berminyak dan berjerawat.

1. Bersihkan Wajah Dengan Cleanser Berbahan Gel

Penyebab wajah berjerawat salah satunya adalah tidak membersihkan wajah dengan benar, untuk kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk melakukan double cleansing. Maka dari itu, step pertama adalah bersihkan wajah dengan cleanser berbahan dasar gel, jika kamu menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak atau krim, kulit wajahmu dapat menjadi lebih berminyak. Cobalah gunakan Garnier Micellar Cleansing Water biru selain bebas alkohol micellar water ini juga mampu mengangkat kotoran pada wajah.

cleansing untuk kulit berminyak

2. Memilih Face Wash Yang Sesuai

Setelah membersihkan wajah dengan gel cleanser selanjutnya adalah double clenasing. Untuk kulit berminyak dan berjerawat disarankan untuk memilih face wash yang lembut dan non-comedogenic di labelnya. Face wash yang terlalu keras dapat membuat kulit wajahmu menjadi lebih sensitif. Kulit berminyak juga masih memerlukan minyak alami maka dari itu, hindari penggunaan face wash yang dapat menyerap minyak alami di kulit wajahmu. Karena jika minyak alami hilang kulit mu justru akan semakin sering berjerawat. Anda dapat menggunakan produk Himalaya Purifying Neem Face Wash karna wangi herbal yang dimiliki oleh facial wash ini memberi efek menenangkan, rileks dan tidak mengandung busa yang banyak.

daily skincare kulit berminyak

3. Gunakan Toner

Selain untuk mengembalikan ph kulit wajah, toner adalah skincare yang wajib digunakan, pilihlah toner yang mengandung BHA , witch hazel atau ekstra lemon untuk mencegah jerawat sekaligus mengontrol produksi minyak berlebih. Toner yang mengandung BHA dapat membersihkan kotoran hingga kedalam pori-pori sekaligus mengurangi minyak berlebih. Sedangkan toner yang mengandung with hazel, teh hijau atau zink dapat menjadi anti-inflamasi yang efektif memerangi bakteri-bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakan produk Wardah Acnederm Pore Refining Toner ekstrak witch hazel yang ada didalamnya mampu mengurangi peradangan kulit dan memberikan efek segar pada kulit.

daily skincare kulit berminyak

4. Menggunakan Serum yang Sesuai

serum untuk wajah berminyak

Serum termasuk skincare yang dapat menangani masalah kulit wajah seperti noda hitam, keriput atau garis halus. Serum dengan kandungan hyaluronic acid atau witch hazel merupakan pilihan yang tepat untuk kulit wajah berminyak dan berjerawat karena dapat membantu mengatasi jerawat sekaligus meremajakan kulit. Anda dapat menggunakan produk wardah puryfying facial serum yang diperkaya dengan kandungan ekstra rumput laut dan witch hazel yang dapat membuat pori-pori wajah kecil dan wajah tetap lembab. Gunakan serum setelah menggunakan toner.

5. Menggunakan Essence

Serum dan essence memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengatasi masalah kulit spesifik. Tetapi essence memiliki kandungan aktif yang lebih rendah dari serum. Gunakan essence yang mengandung tea tree atau hazel, karna kandungan tersebut dapat mengontrol produksi minyak dan mengatasi jerawat. Anda juga dapat menggunakan essence dengan kandungan salycil acid seperti L’Oreal Paris Revitalift Crystal Micro Essence yang dapat membuat kulit anda terhindar dari jerawat. Selain itu kandungan centella asiatica pada produk ini dapat meningkatkan kadar kolagen sehingga dapat menenangkan kulit yang mudah kemerahan, teksturnya yang seperti air juga membuat essence ini mudah menyerap di kulit.

Essence untuk wajah berminyak dan berjerawat

6. Menggunakan Pelembab

Banyak orang beranggapan bahwa kulit beminyak tidak membutuhkan pelembab. Itu sangat salah, apapun jenis kulit wajahmu pelembab juga wajib kamu gunakan. Pilihlah pelembab dengan oil free atau bebas minyak. Jangan pilih pelembab yang  terlalu berat, anda dapat memilih pelembab seperti gel. Pelembab dengan bahan dasar zinc, lemon atau mentimun dapat membantu menyegarkan wajah dan mengontrol minyak berlebih di wajah di wajah. anda dapat menggunakan pelembab dari wardah yaitu wardah aloe hydramild moisturizer cream atau wardah acne perfecting moisturizer gel. Kandungan zinc gluconate yang dapat mengurangi produksi minyak di wajah sekaligus mengatasi jerawat.

pelembab untuk wajah berminyak

7. Tetap Menggunakan Sunscreen

Langkah terakhir adalah menggunakan sunscreen terutama untuk kamu yang sering beraktifitas di bawah paparan sinar matahari. Sunscreen atau tabir surya sangat penting menjaga kulit kamu dari paparan sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan kerusakan kulit. Pilihlah produk suncreen yang memiliki tekstur light, tidak lengket dan cepat menyerap. Anda dapat menggunakan produk sunscreen acnes UV tint yang memiliki kandungan Isopropyl Methylphenol yang bekerja sebagai anti bakteri dan vitamin E yang dapat menjaga kelembapan kulit dan juga menyamarkan noda bekas jerawat.

produk sunscreen untuk wajah berminyak dan berjerawat

 

Itulah beberapa daily skincare kulit berminyak dan berjerawat. Selain rutin menggunakan skincare sesuai kulit wajahmu jangan lupa untuk menjaga pola makan, olahraga yang teratur dan tidur yang cukup agar kulit wajah mu semakin sehat.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *