wajahberminyak
wajahberminyak

Cara Merawat Wajah Berminyak Kusam dan Berjerawat

Diposting pada

Minyak atau sebum berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Kulit wajah yang memproduksi sebum atau minyak berlebih dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri karena kulit wajah menjadi berminyak. Kulit wajah berminyak sangat rentan berjerawat karena kotoran menjadi mudah menempel dan dapat menyumbat pori-pori. Tetapi jangan sedih apabila anda memiliki kulit wajah berminyak. Kulit wajah berminyak bisa diatasi dan ada banyak cara merawat wajah berminyak kusam dan berjerawat.

cara merawat wajah berminyak

Apa Penyebab Wajah Berminyak?

Ada banyak faktor penyebab wajah berminyak baik faktor internal maupun eksternal. Wajah berminyak yang disebabkan oleh faktor internal salah satunya faktor genetik dan hormon yang tidak seimbang. Sedangkan faktor eksternal diantaranya yaitu lingkungan dan produk perawatan wajah yang tidak sesuai. Berikut beberapa penyebab wajah berminyak seperti dibawah ini :

  1. Faktor genetik
  2. Pola makan yang kurang baik
  3. Hormon yang tidak seimbang
  4. Stres
  5. Produk perawatan wajah yang tidak sesuai
  6. Tidur tidak teratur
  7. Lingkungan
  8. Pori-pori besar
  9. Tidak menggunakan pelembab wajah

Ciri-Ciri Kulit Wajah Berminyak

Terdapat beberapa ciri kulit wajah yang berminyak salah satunya adalah wajah akan nampak mengkilap dan pori-pori tampak besar. Berikut lebih lengkapnya ciri-ciri kulit wajah berminyak.

1.  Wajah Nampak Mengkilap

Ciri-ciri kulit wajah berminyak yang pertama adalah wajah nampak berminyak. Wajah yang berminyak apabila disentuh akan terasa lengket, apabila di lap menggunakan tisu maka akan nampak minyak pada tisu tersebut.

2. Pori-Pori Terlihat Besar

Pori-pori pada wajah yang berminyak akan terlihat besar karena sebum yang diproduksi lebih banyak sehingga membuat pori-pori terlihat besar.

3. Mudah Berjerawat

Kuli wajah yang berminyak akan mudah berjerawat karena kotoran dari luar akan mudah menempel pada kulit sehingga dapat membuat penyumbatan dan jerawat.

4. Wajah Terlihat Kusam

Minyak yang berlebih pada kulit wajah akan membuat kulit terlihat kusam. Maka agar wajah tidak terlihat kusam anda harus memilih produk perawatan wajah yang sesuai.

5. Make Up Mudah Luntur

Ciri-ciri yang terakhir pada wajah berminyak adalah make up menjadi mudah luntur. Biasanya saat kulit wajahmu mengeluarkan minyak maka make up di wajahmu akan mudah luntur.

Apa yang Harus Dihindari Wajah Berminyak dan Berjerawat?

Ada beberapa hal yang harus dihindari oleh pemilik wajah berminyak. Berikut 5 hal yang harus dihindari oleh kulit wajah berminyak.

1. Tidak Mencuci Wajah

Cuci Muka Untuk Kesehatan Wajah

Setelah beraktifitas seharian kotoran dan debu dapat tertinggal di kulit wajah. Apabila anda membiarkannya lama-lama,wajah yang tidak segera dicuci setelah aktifitas seharian akan membuat kotoran dan debu masuk kedalam pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Sebaiknya anda langsung mencuci wajah setelah beraktifitas diluar rumah.

2. Menggunakan Make Up Yang Tebal

Make Up Untuk Wajah Berminyak

 

Make up yang tebal dan berlapis-lapis akan sulit dihapus sehingga membuat pori-pori tersumbat. Maka dari itu anda harus memilih make up yang bebas minyak dan ampuh menyerap minyak.

3. Hindari Konsumsi Minyak Berlebih

Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh besar terhadap kulit wajahmu, konsumsi makanan dengan minyak berlebih akan membuat wajahmu semakin berminyak. Cobalah untuk mengonsumsi air putih yang cukup dan buah-buahan yang kaya air. Selain mengurangi minyak diwajahmu konsumsi buah-buahan dan minum air yang cukup juga akan membuat tubuhmu menjadi sehat.

4. Terlalu Sering Mencuci Wajah

Meskipun harus rutin mencuci wajah tetapi apabila anda kecanduan mencuci wajah itu sangat tidak dianjurkan karena wajah memerlukan minyak atau sebum yang cukup untuk dapat menjaga kelembapan wajah. Untuk kulit wajah berminyak disarankan mencuci wajah sebanyak 2 kali sehari.

Cara Merawat Wajah Berminyak Kusam dan Berjerawat

1. Double Cleansing

Perawatan Wajah Berminyak

Double cleansing adalah membersihkan wajah ekstra dengan dua tahap. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak dianjurkan untuk melakukan double cleansing setelah beraktifitas seharian. Tahap pertama anda dapat menggunakan pembersih wajah berbahan minyak seperti micellar water, tahap pertama berfungsi untuk mengangkat sisa kosmetik atau tabir surya yang terkadang bersifat tahan air. Selanjutnya pada tahap kedua anda dapat mencuci wajah dengan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, tahap ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit, mengatasi noda dan mengangkat sel kulit mati.

2. Mencuci Wajah Dengan Benar

Selain rutin mencuci wajah dan menerapkan double cleansing, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda juga harus mencuci wajah dengan benar.

Berikut cara mencuci wajah dengan benar:

1. Cuci tangan

Sebelum menyentuh wajah dengan tangan sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu. Jika anda tidak mencuci tangan terlebih dahulu maka kotoran pada tangan akan tercampur dengan sabun yang diusapkan ke wajah.

2. Bersihkan make up

Seperti yang dijelaskan tadi, sebelum mencuci wajah dengan sabun pastikan anda membersihkan make up terlebih dahulu dengan micellar water karena tidak semua sabun wajah dapat mengangkat sisa-sisa make up.

3. Menggunakan air hangat

Air hangat dapat membuka pori-pori sehingga bisa membersihkan hingga ke bagian dalam dalam keadaan pori-pori terbuka. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena dapat merusak kulit.

4. Pilih produk pembersih yang tepat

Sebelum memilih sabun cuci wajah, pastikan anda mengetahui seluruh kandungan yang terdapat dalam sabun wajah tersebuh sehingga anda dapat menyesuaikan dengan kulit wajah anda.

5. Membilas wajah dengan bersih

Setelah mencuci wajah dengan air hangat, bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali menutup.

3. Gunakan Toner

Toner untuk Wajah Berminyak

Toner tidak hanya sebagai produk perawatan kulit yang berfungsi untuk  sisa kotoran dari kulit wajah. Toner juga dapat menyeimbangkan PH pada kulit wajah setelah menggunakan pembersih wajah. PH atau keasaman kulit manusia yang normal umunya 5,5 tetapi polusi, minyak dari wajah, dan make up dapat mengubahnya. Semakin rendah nilai PH maka semakin asam dan semakin tinggi nilai PH maka akan semakin basa. Dengan menggunakan toner untuk kulit berminyak, produksi zat asam pada kulitmu akan terjaga sehingga PH dikulit wajahmu tetap seimbang. Wajah berminyak sebaiknya menggunakan toner 2kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari, dan pastikan anda memilih toner yang sesuai dengan kulit anda.

4. Gunakan Pelembab Wajah

Pelembab Untuk Wajah Berminyak

Menggunakan pelembab yang sesuai sangat bermanfaat untuk wajah berminyak. Pelembab wajah berfungsi untuk memberi nutrisi tambahan pada kulit dan menjaga kelembaban serta elastisitas kulit wajah. Penggunaan pelembab yang tepat tidak akan membuat wajah semakin berminyak. Pilihlah pelembab tanpa kandungan minyak agar kulit tetap lembab tanpa berminyak. mengaplikasikan pelembab yang tepat setelah cuci muka bisa menjadi solusi agar kulit tidak mengalami dehidrasi dan tidak berminyak. Selain itu produk pelembab yang beredar di pasaran saat ini berbagai macam serta dilengkapi dengan SPF dan ekstrak bahan alami yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.

5. Menggunakan Es Batu

Menempelkan es batu pada wajah dapat mengurangi produksi  dan juga menghambat pertumbuhan jerawat. Hal ini disebabkan suhu dingin pada es batu membuat pori-pori mengecil.  Rasa dingin dari es batu dapat membantu menyembuhkan peradangan pada jerawat. Caranya dengan memijat sekitar jerawat dengan es batu sekitar 10 – 15 menit. Selain itu rutin mengompres wajah dengan es batu dapat menghilangkas bekas jerawat yang menghitam dan wajah akan tampak lebih cerah.

6. Menggunakan Masker Wajah Anti Minyak

Masker Wajah Berminyak

Kulit berminyak kusam dan berjerawat dapat diatasi dengan beberapa macam masker alami. Sebelum menggunakan masker wajah jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu agar pori-pori bersih serta bebas dari bakteri dan kotoran agar masker pun akan terserap dengan baik. Berikut beberapa masker anti minyak :

1. Masker putih telur

Masker putih telur sangat mudah digunakan yaitu cukup oleskan putih telur pada wajah, diamkan selama 10 menit kemudian bilas sampai bersih. Masker ini berfungsi untuk mencegah jerawat, mengurangi minyak pada wajah dan mencerahkan wajah.

2. Masker Tomat

Tomat dapat melindungi sel wajah dari kerusakan karena tomat kaya akan antioksidan likopen. Masker tomat sangat mudah untuk dibuat caranya anda cukup membelah satu tomat menjadi dua bagian kemudian oleskan bagian dalam tomat yang terdapat air ke wajah hingga merata lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas wajah dengan air dingin. Gunakan masker ini 2kali seminggu untuk hasil yang maksimal

3. Masker lidah buaya

Lidah buaya sangat efektif mengatasi kulit berminyak kusam dan berjerawat. Cara menggunakannya adalah dengan memotong daging lidah buaya dan tekan potongan tersebut hingga mengeluarkan cairan lidah buaya, kemudian oleskan cairan tersebut secara merata ke wajah, tunggu hingga mengering setelah itu bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

Baca Juga: Daily Skincare Kulit Berminyak

7.  Hindari Kebiasaan Menyentuh Wajah

Menyentuh wajah dapat menyebabkan kotoran menempel, minyak dan bakteri pada tangan anda berpindah pada wajah. Sehingga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Apabila wajah anda sedang berjerawat hindari memencet jerawat dengan tangan karena akan membuat jerawat semakin parah sebab pada saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Mungkin hampir semua orang menyentuh wajah berkali-kali tetapi anda dapat mulai mengurangi menyentuh wajah dengan sering agar wajahmu terhindar dari jerawat.

Itulah beberapa cara untuk merawat kulit wajah berminyak  yang dapat anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukanlah perawatan secara rutin. Silahkan baca artikel  lainnya untuk mendapatkan cara menarik merawat kulit wajah berminyak anda.

Baca Juga: Jenis-Jenis Kulit Wajah

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *