cara merawat kulit wajah kombinasi

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Diposting pada

Kulit kombinasi adalah perpaduan antara kulit kering atau normal dengan kulit berminyak pada beberapa bagian biasanya bagian Tzone (dagu, hidung dan dahi). Biasanya kulit wajah kombinasi berpori-pori besar, terdapat komedo dan kulit berkilap. Merawat kulit wajah kombinasi tentu tidak mudah karena dalam satu wajah terdapat dua jenis kulit wajah. Tetapi ada beberapa cara merawat kulit wajah kombinasi, sebelum itu kita harus mengetahui ciri atau tanda kulit wajah kombinasi.

Kulit Kombinasi Seperti Apa?

cara merawat kulit wajah kombinasi

Mungkin jenis kulit yang kebanyakan orang tahu hanya kulit berminyak dan kering. Ternyata ada jenis kulit wajah gabungan antara kulit berminyak dan kering yaitu kulit kombinasi. Jenis kulit inilah yang paling umum dimiliki oleh banyak orang. Berikut beberapa ciri kulit kombinasi

1. Pori-Pori di Bagian Hidung Tampak Besar

Pori-pori yang besar biasanya terdapat pada kulit wajah yang berminyak. Tetapi hal ini dapat terjadi pada kulit wajah kombinasi, biasanya pori-pori yang nampak besar terdapat pada bagian hidung.

2. Kulit Terasa Kering dan Berminyak

Ciri kulit wajahmu kombinasi adalah ketika anda selesai mencuci wajah lalu setelah 15 menit bagian T-zone(dahi, hidung dan dagu) mulai berminyak dan pada bagian pipi terasa kering. Maka pilihlah pencuci muka yang berbahan dasar air dengan tekstur lembut dan ringan.

3. Terdapat Breakout Pada Beberapa Bagian

Kulit kombinasi biasanya terdapat jerawat  di beberapa bagian namun kulit terasa kering. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan dua masker. Pilih masker untuk wajah berminyak dibagian T-zone dan masker yang dapat menghidrasi kulit di bagian wajah yang terasa kering agar wajah tetap lembab.

4. Pelembab Menyebabkan Bagian T-Zone Berminyak

Saat wajahmu dioleskan pelembab kulit kombinasi akan terasa lengket pada bagian T-zone, sedangkan pada bagian pipi akan terasa lembab. Pilihlah pelembab berbahan dasar air untuk diaplikasikan ke seluruh wajah.

5.  Wajah Dapat Terkelupas dan Berjerawat

Produksi minyak berlebih pada bagian T-zone kulit wajah kombinasi dapat mengundang jerawat untuk datang. Kulit wajah kombinasi cenderung berjerawat pada beberapa bagian, selain itu bagian kulit wajah lainnya bisa terasa bersisik bahkan mengelupas karena kondisi kulit wajah yang kering.

Nah, itulah beberapa ciri atau tanda yang bisa anda lihat apakah kulit wajahmu termasuk kulit wajah kombinasi.

baca juga: macam-macam jenis kulit wajah

Apa Penyebab Kulit Kombinasi?

cara merawat kulit wajah kombinasi

Kulit wajah kombinasi dapat terjadi karena beberapa faktor. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan kulit wajahmu kombinasi.

  1. Faktor genetik
  2. Masa pubertas
  3. Produk perawatan kulit yang terlalu keras
  4. Sedang mengalami stres
  5. Kulit kurang menerima nutrisi karena kurang olahraga
  6. Tidak menggunakan perlindungan yang cukup saat di bawah matahari

Cara Merawat Kulit Kombinasi

Banyak orang bingung bagaimana cara merawat kulit kombinasi karena terdapat dua jenis kulit dalam satu wajah. Perawatan yang tepat akan membuat kulit kombinasi tetap sehat dan tampak menawan. Berikut beberapa cara merawat kulit wajah kombinasi.

1. Memilih Facial Wash yang Lembut

macam-macam facial wash

Sebaiknya pemilik kulit wajah kombinasi memilih facial wash yang berbahan dasar air dengan formula yang ringan. Hindari facial wash dengan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide karena dua kandungan tersebut dapat membuat bagian pipimu semakin kering. Kulit kombinasi  memerlukan facial wash yang dapat mengurangi produksi sebum tetapi tetap melembabkan kulit wajah. Selain itu cucilah wajah 2 kali sehari.

2. Menggunakan Toner

Selain berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran pada wajah, toner dapat membuat kulit bebas dari jerawat sekaligus mencegah kulit menjadi kering. Bahkan toner dapat mempersiapkan kulit wajah sebelum anda memakai serum dan perawatan lainnya tujuannya agar kandungan dari serum atau lainnya dapat meresap dengan baik. Hindari toner yang mengandung alkohol karena akan membuat kulit menjadi kering. Gunakan toner 2 kali sehari setelah anda mencuci wajah.

3. Melakukan Exfloitating Pada Wajah

manfaat madu untuk kulit wajah kombinasi

Exfloitating wajah adalah salah satu cara untuk mengatasi kulit wajah kombinasi.  Exfloitating wajah paling mudah dilakukan dengan menggunakan scrub wajah. Selain berfungsi untuk menghilangkan kotoran seperti debu, sisa makeup, dan sel – sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam, exfloitating juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kerutan halus, dan mencegah pori-pori tersumbat yang menyebabkan timbul komedo dan jerawat.

4. Menggunakan Masker

masker wajah untuk kulit kombinasi

Gunakanlah masker berbahan alami seperti madu untuk merawat kulit kombinasi. Madu  dapat membuat wajahmu lembab tetapi tidak membuat wajahmu berminyak. Oleskan madu ke seluruh wajah kemudian diamkan selama 10 menit setelah itu basuhlah wajah dengan air hangat. Selain itu anda dapat gunakan masker lumpur atau clay mask untuk mengurangi kadar minyak di wajah dan mengecilkan pori-pori.

5. Menggunakan Pelembab Khusus

pelembab wajah untuk kulit kombinasi

Jangan pilih sembarang produk untuk kulit wajah kombinasi karna kulit kombinasi adalah 2 jenis kulit dalam satu wajah. Maka sebaiknya anda memilih moisturizer dengan 2 formula berbeda yaitu mattifying moisturizer untuk bagian T-zone dan hydrating moisturizer untuk melembabkan area pipi yang kering.

6. Mencuci Wajah Dengan Air Hangat

Mencuci wajah dengan air hangat dapat melembutkan kulit wajah karna dalam air hangat terdapat minyak esensial. Tanpa minyak, kelembaban di pori-pori kulit wajah akan hilang kemudian menyebabkan kulit terasa kencang dan gatal. Selain itu air hangat bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi karna uap hangat dan keringat yang keluar dari wajah mampu melebarkan pembuluh darah dan mengakibatkan meningkatknya sirkulasi. Peningkatan sirkulasi ini memberi nutrisi pada kulit wajah dan membuat  darah mengalir lebih lancar.

7. Wajib Menggunakan Sunscreen

rekomendasi sunscreen terbaik

Sunscreen sangat penting terutama jika kamu menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari karena jika anda tidak menggunakan sunscreen pancaran sinar matahari langsung akan menyebabkan kerusakan serius jangka panjang pada kulit kamu. Untuk mendapatkan perawatan kulit kombinasi gunakanlah sunscreen setiap hari. Selain mencegah paparan sinar matahari langsung, sunscreen dapat mencegah penuaan dini, mencegah komedo,mencegah kulit terbakar bahkan dapat mencegah kanker kulit.

8. Menjaga Pola Makan

cara menjaga pola makan

Pola makan sangat berpengaruh untuk kesehatan wajah karena kulit yang sehat dijaga dari luar dan dalam. Maka jagalah pola makanmu dengan baik, makanlah makanan yang sehat kaya akan anti oksidan  dan tidak lupa untuk minum air putih yang cukup minimal delapan gelas sehari agar tubuh dan kulit wajahmu tetap sehat.

9. Menghindari Produk yang Mengandung Alkohol

Ketika akan membeli produk perawatan wajah jangan malas untuk membaca kandungan produk tersebut, hindarilah produk yang mengandung alkohol karena kandungan tersebut akan membuat wajahmu kering. Selain itu kandungan alkohol dapat mengganggu keseimbangan kulit wajah, pastikan produk-produk yang anda pilih terhindar dari alkohol.

9. Rajin Olahraga

manfaat olahraga teratur

Jika kamu malas berolahraga kulit mu akan menjadi berminyak atau justru terasa lebih kering,hal ini menandakan kulit kamu mulai beralih menjadi kombinasi. Saat olahraga detak jantung akan meningkat, detak jantung yang meningkat saat olahraga akan memompa lebih banyak darah di pembuluh seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar dapat meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada tubuh, termasuk kulit.

Itulah beberapa cara merawat kulit wajah kombinasi. Apapun jenis kulitmu rawatlah kulit wajahmu sebaik mungkin sesuai dengan kebutuhan.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *