Merawat Kulit Wajah Sensitif

Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif yang Harus Anda Lakukan

Diposting pada

Untuk memelihara kesehatan kulit wajah anda, anda harus melakukan perawatan yang cocok dengan kulit wajah anda. Anda bisa simak cara mengatasi kulit wajah sensitif dengan menggunakan produk yang cocok seperti yang akan kami paparkan di bawah ini.

Dari Sekian banyak macam-macam jenis kulit wajah yang ada, anda yang memiliki permasalahan kulit wajah yang sensitif harus melakukan perawatan yang lebih extra untuk mengatasi kulit sensitif. Anda harus selektif dalam menggunakan produk-produk yang dipakai untuk perawatan kulit wajah anda. JIka anda salah dalam memilih produk perawatan kulit anda maka anda bisa dengan mudah sekali mengalami permasalahan kulit seperti jerawat, iritasi, kulit mengelupas dan perih.

Ciri-Ciri dan Penyebab Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah sensitif seperti apa?

Kulit Sensitif merupakan salah satu jenis kulit wajah yang mudah sekali iritasi dan cepat bereaksi dengan perubahan lingkungan sekitar. Reaksi yang berlebihan ini biasanya terjadi saat menggunakan produk perawatan kulit yang tidak cocok ataupun perubahan udara yang. Alhasil kulit anda akan terasa gatal, kering, ruam, hingga terasa perih dan terbakar.

Beberapa orang tidak sadar dengan permasalahan pada kulit wajahnya. Biasanya mereka memakai produk perawatan kulit yang sembarangan. Hal ini bisa membuat kulit wajah anda semakin parah.

Penyebab Kulit Wajah Sensitif
Penyebab Kulit Wajah Sensitif

Kenalilah ciri-ciri kulit Wajah sensitif pada wajah anda sebagai berikut

  • Mudah Muncul Ruam atau Bercak

Ketika anda menggunakan produk tertentu atau ada perubahan cuaca, kulit anda mudah sekali menimbulkan ruam atau bercak

  • Wajah Anda Memerah dan Sakit Menyengat

Kulit anda mudah sekali memerah dan terasa panas menyengat saat terkena sinar matahari atau cuaca dingin merupakan tanda anda memiliki kulit sensitif. Atau bisa juga karena terkena reaksi karena kandungan bahan kimia dalam produk perawatan kulit anda. Anda dianjurkan untuk menggunakan produk tanpa mengandung bahan aktif yang kuat seperti asam glikolat atau retinoid.

  • Alergi

Kulit sensitif dan alergi memiliki kaitan yang kuat. Apabila anda mengalami iritasi saat menggunakan produk tertentu alangkah baiknya hentikan pemakaian tersebut .

  • Kulit Mengelupas

Kulit yang mengelupas merupakan tanda ada yang salah pada kelembaban kulit anda. Kulit yang mengelupas biasanya disebabkan oleh pemakaian expoliation (Scrub untuk mengelupas kulit mati). Disamping itu, pengelupasan kulit yang berlebihan bisa juga disebabkan kulit yang mengalami kekeringan yang parah.

  • Terasa Gatal

Kulit gatal merupakan akibat dari kondisi kulit kering yang parah. Untuk mengatasi kulit yang kering tersebut bisa dengan menjaga kelembaban kulit anda dengan menggunakan produk perawatan yang lebih lembut.

Kulit Mengelupas Pada Wajah Sensitif
Kulit Mengelupas

Ada banyak faktor yang menjadi pemicu kulit sensitif. Tiap orang memiliki pemicu reaksi yang berbeda-beda. Berikut Faktor-Faktor Penyebab Kulit Wajah Sensitif:

1. Polusi dan Perubahan Suhu

Perubahan suhu yang sangat extrim dan paparan polusi merupakan salah satu faktor yang sering menyebabkan kulit wajah sensitif. Anda yang memiliki kulit jenis normal biasanya mengabaikan perlindungan atau proteksi ketika terpapar polusi atau perubahan suhu. Jika kebiasaan ini berlangsung lama maka bisa menurunkan ketahanan kulit secara perlahan dan membuat kulit anda menjadi sensitif.

Untuk menghindari polusi gunakanlah selalu masker wajah, gunakan tabir surya jika ingin keluar rumah serta gunakan pelembab ketika suhu dingin.

2. Menggunakan Banyak Produk Perawatan

Memakai banyak produk perawatan kulit belum tentu memberikan hasil yang sempurna. Beragam bahan yang terkandung dalam produk tersebut ternyata mampu membuat ketahanan kulit wajah anda semakin menurun dan membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Jika ingin menggunakan cara yang aman dan baik untuk mengatasi kulit wajah sensitif anda sebaiknya gunakanlah produk perawatan kulit yang alami.

3. Memakai Pembersih Wajah yang Salah

Sebaiknya anda memakai pembersih wajah yang cocok dengan jenis kulit wajah anda. Jika anda salah menggunakan pembersih wajah bisa menyebabkan kulit yang semakin sensitif. Pembersih wajah yang anda gunakan mungkin mengandung bahan yang berbahaya untuk kulit sensitif anda.

Pembersih Wajah

4. Expoliating berlebihan

Expoliating ialah pemakain scrub untuk menghilangkan kulit mati, hal ini bisa bisa membersihkan wajah dan menjadi lebih bercahaya. Namun expoliasi yang berlebihan bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif. Penggunaan scrub yang kasar mampu merusak kulit anda jika terlalu sering digunakan atau digosok dengan keras pada kulit anda.

5. Kondisi Tubuh

Faktor dalam tubuh juga bisa menyebabkan kulit wajah anda sensitif. Salah satu contohnya ialah saat anda menjalani pengobatan yang memiliki efek samping pada kesehatan kulit anda. Contoh lainnya lagi ialah saat anda menjalani diet yang bisa menuruntkan berat badan yang ekstrem secara singkat.

6. Kelainan Kulit

Jika anda sudah melakukan perawatan untuk kesehatan kulit sensitif anda, akan tetapi masih muncul masalah kulit mungkin anda mengalami kelainan pada kulit anda. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit jika membutuhkan penanganan medis.

7. Sering Menyentuh Wajah

Menyentuh Kulit Wajah Sensitif

Menyentuh wajah anda memiliki potensi membawa bakteri dari kotoran pada tangan anda dan akan berpindah ke wajah anda. Tentu saja ini bisa membuat wajah anda kotor dan beresiko timbul jerawat. Oleh karena itu jika ingin menyentuh wajah anda pastikan tangan anda bersih.

8. Terkena Sinar Matahari

Hindarilah terkena paparan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama karena bisa membuat kulit sensitif kamu lebih parah. Selalu gunakan topi, payung ataupun sunscreen untuk melindungi wajah anda.

Kulit sensitif apa bisa sembuh?

Kulit wajah sensitif biasanya bisa sembuh sendiri ketika pemakaian dihentikan dan melakukan perawatan dengan baik untuk menghindari kambuhnya lagi. Sangat sedikit yang mengalami masalah hingga serius ketika anda sudah tahu masalah kulit anda.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Wajah Sensitif?

Siapapun bisa mengalami permasalahan kulit wajah sensitif, pria ataupun wanita. Gejala yang dirasapun sama seperti yang sudah dipaparkan diatas. JIka wajah anda merasakan ada gejala kulit sensitif berikut kami rekomendasikan beberapa cara untuk mengatasi kulit wajah sensitif anda.

1. Lakukanlah Patch Test

Patch Test
Patch Test

Patch test ialah suatu tes untuk melihat reaksi kulit terhadap produk tertentu. Biasanya dilakukan dibagian tersembunyi tubuh anda seperti belakang daun telinga atau di siku bagian dalam. Anda cukup oleskan produk tersebut di bagian tubuh itu dan diamkan beberapa jam lalu lihatlah reaksi kulit anda.

Area belakang daun telinga serta siku bagian dalam memiliki lapisan yang mirip dengan kulit wajah anda. Pastikan anda melakukan patch test ini saat menggunakan produk perawatan kulit yang baru pertama kali anda pakai. Hal ini untuk menghindari timbulnya reaksi reaksi berlebih saat dipakai ke wajah anda.

2. Lihatlah Kandungan dalam Produk Perawatan Anda

Penyebab terbesar terjadinya kulit sensitif ialah dari bahan kandungan pada produk perawatan kulit wajah yang anda gunakan. Karena itu, bacalah dengan teliti kandungan bahan-bahan yang ada dalam produk anda sebelum menggunakannya.

Produk yang dianjurkan untuk anda yang memiliki jenis kulit wajah sensitif ialah produk yang memiliki kandungan bahan-bahan antioksidan. Antioksidan bisa menghidrasi kulit anda dengan baik agar tidak kering serta meningkatkan kesehatan kulit anda.

Produk dengan bahan alami juga sangat cocok untuk kulit wajah sensitif. Gunakanlah produk yang memiliki kandungan bahan alami yang dapat meningkatkan kelembaban kulit anda seperti lidah buaya, teh hijau, minyak argan, dan lain-lain.

Adapula beberapa bahan dasar produk yang wajib kamu hindari. Bahan yang berbahaya untuk digunakan pada kulit sensitif diantaranya alcohol, parfun, serta esential oil. Alcohol dapat merusak lapisan kulit, beberapa parfun memiliki efek sensitif terhadap kulit, sedangkan esential oil mengandung alergen.

3. Bersihkan Wajah dan Hidrasi Kulit Anda Dengan Benar

Kulit sensitif biasanya mudah kering, maka anda harus jaga kelembabannya. Salah satu cara yang direkomendasikan ialah gunakan hydrating cream yang mengandung niacinamide dan ceramides. Anda juga bisa menggunakan hydrating mask untuk dipakai seminggu sekali.

Anda juga harus berhati-hati saat membersihkan wajah. Saat anda membersihkan wajah dengan menggosok, dapat berpotensi membuat kulit anda teriritasi karena gesekan tersebut. Cukup usap dengan lembut kulit wajah anda. Serta gunakanlah air dingin untuk membersihkan wajah anda. Air dingin mampu membuat kulit anda menjadi lebih segar.

Janganlah membersihkan muka dengan sabun wajah secara berlebihan. Pemakain sabun yang terlalu sering bisa merusak kulit akibat kulit yang kehilangan minyak alami. Sedangkan minyak alami sangat dibutuhkan agar kulit anda tidak kering.

4. Hindari Paparan Langsung Sinar Matahari dan Gunakan Tabir Surya

Jika anda keluar ruangan gunakanlah topi ataupun payung untuk menghindari terkena paparan sinar matahari dalam tempo waktu yang lama. Untuk anda yang memiliki kulit sensitif direkomendasikan untuk menggunakan pakaian berbahan katun dan nyaman. Bahan katun tersebut dapat menyerap keringat anda sehingga bebas dari biang keringan dan gejala iritasi.

Anda juga bisa menggunakan tabir surya atau suncreen yang cocok untuk kulit wajah sensitif. Gunakanlah sunscreen yang mengandung mineral seperti kandungan titanium dioxide dan zinc oxide. Dua kandungan bahan tersebut sangat aman terhadap kulit wajah sensitif dan tidak akan mengiritasi kulit wajah anda.

5. Perhatikan Makanan Anda

Selalu perhatikan asupan makanan yang anda konsumsi dan jangan sampai salah memilih. Beberapa kandungan bahan makan dapat memicu reaksi sensitif pada kulit wajah anda. Oleh karena itu, anda harus peka terhadap bahan makanan yang anda konsumsi. Makanan yang harus dihindiari biasanya kacang keledai, telur, gluten.

Selain ada makanan yang memiliki reaksi berlebih, adapula makanan yang dianjurkan untuk mengatasi kulit wajah sensitif seperti salmon, tomat dan bayam. Bayam dapat menjaga kesehatan kulit anda dengan mencegah radikal bebas. Salmon mengandung Omega 3 yang sangat baik terhadap perlindungan kulit wajah sensitif.  Sedangkan tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi yang dapat merawat kulit wajah sensitif.

6. Setia dengan Produk yang Cocok, Jangan Berganti-ganti Produk

Walaupun ada banyak produk perawatan kulit khusus untuk kulit sensitif, sebaiknya jangan berganti-ganti produk untuk digunakan. JIka kamu sudah nyaman terhadap suatu produk perawatan sebaiknya tetaplah setia pada produk tersebut.

Saat anda sering berganti produk yang digunakan maka kesehatan kulit anda akan semakin menurun. Anda tidak akan tahu seberapa sensitif kulit wajah anda untuk bisa menahan beragam produk yang anda coba pakai.

7. Kurangi Menyentuh Area Wajah

Dalam kehidupan sehari-hari, anda pasti banyak menyentuh barang yang belum tentu bersih dan higienis. Kotoran pada benda yang anda sentuh dapat berpindah ke tangan anda. Lalu tanpa disadari kotoran tersebut berpindah ke wajah anda saat anda mengusap wajah anda. Kotoran yang menempel di wajah anda juga dapat menimbulkan jerawat dan iritasi selain memicu sensitifitas kulit anda.

8. Pisahkan Sabun untuk Badan dan Wajah

Pisahkan Sabun Wajah
Sabun Wajah vs Sabun Badan

Sangat penting untuk anda memisahkan mana sabun yg digunakan untuk wajah dan mana untuk badan. Sabun mandi yang digunakan untuk badan dirancang khusus membersihkan segala kotoran dan kuman di badan anda.

Dapat dipastikan kandungan pada sabun badan memilki bahan yang lebih keras dibandingkan sabun yang digunakan khusus untuk perawatan wajah anda. Oleh karena itu, pemakaian sabun badan tidak direkomendasikan untuk digunakan pada perawatan kulit wajah anda.

9. Gunakan Pelembab Khusus Kulit Sensitif

Pelembab khusus kulit wajah sensitif

Salah satu gejala pada kulit wajah yang sensitif ialah kulit yang mengering. Sehingga kulit dapat dengan mudah pecah-pecah bahkan sampai mengelupas. Cara mengatasinya bisa dengan menggunakan pelembab wajah secara rutin.

10. Gunakanlah Balancing, Jangan Toner

Untuk anda yang memiliki kulit wajah sensitif sebaiknya jangan menggunakan toner biasa dikarenakan kandungan bahannya berpotensi menyebabkan iritasi dan kulit kering. Sebaiknya gunakan Toner berbahan rosewater dan green tea yang cocok digunakan sebagai toner untuk kulit sensitif anda.

11. Gunakan Masker Wajah

Masker Wajah Untuk Kulit Sensitif
Masker Wajah

Gunakanlah masker wajah secara rutin. Jenis kulit wajah sensitif sangat membutuhkan nutrisi dan gizi yang lebih daripada jenis kulit lainnya. Masker yang anda gunakan untuk kulit sensitif sebaiknya pilih yang memiliki karakter menenangkan atau calming. Anda bisa membuat masker sendiri dengan bahan-bahan alami yang menenangkan seperti aloe vera, chamomile, madu, yogurt atau oatmeal.

12. Konsultasi ke Dokter

Cara terakhir untuk mengatasi kulit wajah sensitif anda ialah dengan berkonsultasi kepada dokter spesialis kulit. Sebaik jika keluhan gejala kulit wajah sensitif semakin parah segera konsultasi dengan dokter. Kulit wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang harus lebih anda perhatikan. Oleh karena itu jangan segan untuk konsultasi ke dokter.

Itulah beberapa hal yang wajib anda ketahui untuk mengatasi kulit wajah sensitif. Menjaga kesehatan kulit wajah anda harus dilakukan dengan konsisten dan komitmen yang kuat untuk dilakukan perawatan secara rutin.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *