Apa Penyebab Wajah Berminyak dan Kusam

Diposting pada

Wajah berminyak adalah kondisi dimana kulit wajah menghasilkan minyak atau sebum berlebih sehingga kulit tampak mengkilap. Banyak orang menjadi kurang percaya diri karna minyak berlebih pada wajah  menyebabkan beberapa masalah seperti wajah terlihat kusam, komedo dan jerawat mudah timbul, selain itu make up yang digunakan pada wajah berminyak menjadi tidak bisa tahan lama. Minyak pada wajah berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit tetapi ada beberapa faktor penyebab kulit wajah menghasilkan minyak berlebih. Berikut penyebab wajah berminyak dan kusam :

Penyebab Wajah Berminyak
wajah berminyak

1. Faktor Genetik

Faktor genetik atau keturunan adalah penyebab utama kulit wajah berminyak, apabila orang tua anda memiliki kondisi kulit wajah berminyak maka besar kemungkinan kondisi kulit wajah berminyak akan menurun kepada anaknya.

2. Pola Makan yang Kurang Baik

Pola makan yang kurang baik menyebabkan kulit wajah terlihat tidak sehat, berminyak dan kusam karena tubuh tidak ternutrisi dengan baik.  Kurangnya asupan air putih juga menjadi pemicu wajah menjadi berminyak. Maka dari itu tubuh perlu asupan yang mengandung banyak zat antioksidan seperti buah dan sayur. Kurangi konsumsi makanan berminyak, makanan cepat saji dan makanan pedas agar produksi minyak pada wajah berkurang.

3. Hormon Tidak Seimbang

Hormon yang tidak seimbang menjadi pemicu wajah berminyak, aktivitas hormon testosteron akan meningkat ketika seseorang sedang  masa pubertas yang menyebabkan kelenjar minyak memproduksi sebum lebih banyak dari yang dibutuhkan. Selain wajah menjadi berminyak dan kusam ketidakseimbangan hormon juga dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat. Untuk menanganinya anda perlu menjaga kebersihan kulit wajah dengan membersihkan wajah setidaknya 2x sehari karna kondisi seperti ini kotoran dan bakteri mudah menempel dan berkembang biak.

4. Stres

Faktor Wajah Berminyak Akibat Stress
stres

Tingkat stres yang tinggi menjadi penyebab wajah berminyak karena ketika seseorang mengalami stres hormon kortisol akan meningkat sehingga produksi minyak pada kulit wajah menjadi lebih banyak sehingga wajah terlihat berminyak dan kusam.  Selain itu kelenjar minyak berlebih juga dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya komedo dan jerawat.

5. Penggunaan Produk Perawatan Wajah

Produk perawatan wajah sangat berpengaruh pada minyak di wajah, produk yang tidak cocok pada wajah anda akan menyebabkan bertambahnya minyak pada wajah. Bukan hanya itu, penggunaan kosmetik yang terlalu tebal dan berat bisa menghalangi keluarnya keringat sehingga keringat pada  pada kulit wajah akan menimbun kemudian menyebabkan wajah berminyak dan timbulnya jerawat. Oleh karena itu, sebelum memilih produk perawatan wajah kita diwajibkan untuk mengetahui apa jenis kulit wajah kita.

Baca juga : Cara Merawat Wajah Berminyak

6. Tidur Tidak Teratur

insomnia
insomnia

Selain membuat timbulnya kantung mata yang besar, kurang tidur juga dapat menyebabkan kulit wajah berminyak dan kusam karena sistem kekebalan tubuh akan melemah sehingga kemungkinan terjadinya peningkatan pada peradangan. Terjadinya peradangan pada kulit akan menyebabkan meningkatnya hormon kortisol sehingga produksi minyak di wajah akan lebih banyak dan memicu timbulnya jerawat.

7. Lingkungan

Kondisi lingkungan yang tidak menentu adalah salah satu pemicu kulit menjadi berminyak karena kelenjar keringat tidak dapat bekerja dengan aktif, contohnya saat cuaca panas akan menghasilkan keringat dan minyak berlebih sebaliknya saat cuaca dingin kulit akan menjadi kering. maka dari itu anda perlu membersihkan wajah dengan benar dan teratur agar kotoran tidak menempal dan menyumbat pori-pori.

8. Pori-pori besar

Pori-pori dapat membesar seiring bertambahnya usia. Pori-pori yang besar menyebabkan minyak keluar lebih banyak sehingga wajah akan terlihat kusam dan mengkilap. Ketika pori-pori tersumbat, kotoran, sel kulit mati dan minyak memaksa pori-pori membesar agar bisa keluar.

9. Tidak Menggunakan Pelembab Wajah

skincare
skincare

Pelembab sangat penting untuk menutrisi wajah, menggunakan pelembab wajah tidak akan membuat wajah berminyak. Menggunakan pelembab wajah yang sesuai dan bebas minyak akan mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

Spread the love

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *